1. E-Commerce
Istilah e-commerce muncul pada tahun 1990-an karena adanya perubahan paradigma transaksi jual beli dan pembayaran kedalam bentuk elektronik berbasiskan komputer. Ada beberapa definisi tentang e-commerce, yaitu :
E-Commerce adalah proses untuk mengantarkan informasi, produk, layanan, dan proses pembayaran melalui kabel telepon, koneksi internet, dan akses digital lainnya. (Kim dan Moon, 1998)
E-Commerce merupakan bentuk perdagangan barang dan informasi melalui jaringan internet. (Baourakis, Kourgiantakis dan Migdalas, 2002)
E-Commerce didefinisikan sebagai berbagi bentuk pertukaran data elektronik atau Electronic Data Interchange (EDI) yang melibatkan penjual dan pembeli melalui perangkat mobile, e-mail, perangkat terhubung mobile, didalam jaringan internet dan intranet.(Quayle, 2002)
E-commerce didefinisikan sebagai semua bentuk proses pertukaran informasi antara organisasi dan takeholder berbasiskan media elektronik yang terhubung ke jaringan internet.(Chaffey, 2007) hal ini disebabkan karena adanya perkembangan teknologi komputer dan jaringan internet.
2. E-Business
E-Business muncul setelah adanya fenomena mengenai E-Commerce di jagat internet, yang dipengaruhi oleh kemajuan teknologi komputer, baik dalam perangkat keras komputer maupun perangkat lunak, serta kemajuan teknologi internet. Berikut merupakan definisi dari E-Business :
E-Business merupakan bentuk transformasi dari Key Business Process ke dalam pemanfaatan teknologi internet. Key Business Process meliputi segala proses kunci dari suatu bisnis berupa riset produk dan riset pasar, pengembangan produk dan jasa, penjualan atau pemasaran, produksi, dan lain-lain.(IBM)
E-Business merupakan bentuk transformasi dari proses-proses didalam suatu organisasi untuk mewujudkan Customer Value, dengan memanfaatkan teknologi-teknologi komputer, aplikasi komputer, filosofi komputer, paradigma komputer yang menjadi bentuk dari ekonomi dunia baru
E-Business merupakan hal dimana E-Commerce termasuk didalamnya terkait dengan proses-proses eksternal yang dilakukannya, namun juga memuat proses-proses internal berupa pengembangan produk, inventori, manajemen resiko, manejemen sumber daya, dan lain-lain.
3. M-Commerce
Terdapat beberapa definisi yang diberikan para ahli mengenai M-Commerce. Definisi tersebut antara lain sebgai berikut :
M-Commerce sebagai sebuah bentuk ekspansi dan pengembangan dari E-Commerce ke ranah mobile, yang mana memiliki proses bisnis, teknologi-teknologi terbaru, dan layanan didalamnya. Proses penjualan dan penawaran barang dan jasa dapat dilakukan secara mobile. proses pembayaran transaksi online pun juga dapat dilakukan secara online melalui internetdan layanan bank, sehingga meminimalkan penggunaan uang secara tunai. Bahkan proses pemesanan, penentuan lokasi, dan sebagainya juga dapat dilakukan didalamnya.(Mobile Commerce Lab (http://meom.es.emu.edu/))
M-Commerce merupakan perkembangan dari E-Commerce yang memberikan kemudahan kepada kosumenmelalui perangkat mobile yang dimilikinya dan jaringan wireless. Bahkan mengingat bahwa teknologi Mobile dan Mobile Commerce terus berkembang dari waktu ke waktu, maka forum tahunan pun digelar secara global.(Christiane Morris (http://cryptome.org/jya/glomob.htm))
M-Commerce merupakan bentuk transaksi elektronik berbasiskan jaringan wireless sebagaimana halnya E-Commerce, namun lebih mengkhusus kepada perangkat mobile maupun komputer jinjing.(Corry Janssen (http://www.techopedia.com/definition/1540/mobile-E-Commerce-M-Commerce))
Terdapat beberapa definisi yang diberikan para ahli mengenai M-Commerce. Definisi tersebut antara lain sebgai berikut :
M-Commerce sebagai sebuah bentuk ekspansi dan pengembangan dari E-Commerce ke ranah mobile, yang mana memiliki proses bisnis, teknologi-teknologi terbaru, dan layanan didalamnya. Proses penjualan dan penawaran barang dan jasa dapat dilakukan secara mobile. proses pembayaran transaksi online pun juga dapat dilakukan secara online melalui internetdan layanan bank, sehingga meminimalkan penggunaan uang secara tunai. Bahkan proses pemesanan, penentuan lokasi, dan sebagainya juga dapat dilakukan didalamnya.(Mobile Commerce Lab (http://meom.es.emu.edu/))
M-Commerce merupakan perkembangan dari E-Commerce yang memberikan kemudahan kepada kosumenmelalui perangkat mobile yang dimilikinya dan jaringan wireless. Bahkan mengingat bahwa teknologi Mobile dan Mobile Commerce terus berkembang dari waktu ke waktu, maka forum tahunan pun digelar secara global.(Christiane Morris (http://cryptome.org/jya/glomob.htm))
M-Commerce merupakan bentuk transaksi elektronik berbasiskan jaringan wireless sebagaimana halnya E-Commerce, namun lebih mengkhusus kepada perangkat mobile maupun komputer jinjing.(Corry Janssen (http://www.techopedia.com/definition/1540/mobile-E-Commerce-M-Commerce))
Tidak ada komentar:
Posting Komentar